Kaligrafi Tiongkok

Yu Sheng menu makan besar imlek dari Tiongkok | Foto: Susan Siow

Menu Yu Sheng adalah makanan khas imlek dengan bahan utama sayuran, buah, dan kacang. Apa maknanya?

Mendekati perayaan tahun baru imlek, masyarakat keturunan Tionghoa biasanya melakukan tradisi makan besar bersama keluarga.

Makan besar adalah salah satu tradisi kumpul keluarga yang penting untuk dilakukan pada malam sebelum tahun baru imlek. Adapun menu makanan yang umum disajikan selama makan besar, adalah Yu Sheng.

Yu Sheng atau Yee Sheng adalah menu khas imlek asal Tiongkok yang dipenuhi dengan buah-buahan, sayur-sayuran, dan kerupuk.

Yu Sheng terdiri atas tujuh bahan utama karena angka tujuh dipercaya sebagai angka keberuntungan dan dianggap identik dengan tahun baru imlek. 

“Filosofinya baik di dalamnya itu terdapat tujuh jenis sayuran dan dengan warna yang berbeda-beda. Nah, itu mengartikan bahwa harapan untuk tahun baru itu terdapat kemakmuran, kelimpahan, dan kekuatan. Kenapa angka tujuh? karena dipercaya Tionghoa itu lucky number jadi angka keberuntungan,” kata Huang Jia Jia dikutip dari tayangan YouTube DAAI TV Indonesia, Rabu (17/1/2024).

Biasanya, bahan-bahan makanan sudah disiapkan secara matang dan disusun melingkar di atas piring. Setelah itu, tradisinya adalah menyatukan seluruh bahan makanan ke satu piring besar yang diiringi dengan ucapan doa. 

Kemudian, semua anggota keluarga secara bersama-sama akan berebut mengaduk bahan makanan setinggi-tingginya menggunakan sumpit dengan ucapan kata “Huat ah! Huat ah!” yang berarti berkah atau hoki.

Ucapan-ucapan doa yang bisa disebutkan, yakni sebagai berikut.

  1. Gong Xi Fat Cai”. Pada bahasa Mandarin memiliki arti harapan agar mendapatkan lebih banyak kemakmuran dan kesejahteraan;
  2. Xin Nian Kuai Le”. Pada bahasa Mandarin memiliki arti ucapan selamat tahun baru;
  3. Nian Nian You Yu”. Pada bahasa Mandarin memiliki arti ucapan agar setiap tahun akan selalu ada sisa berkat dan sisa kemakmuran;
  4. Da Ji Da Li”. Pada bahasa Mandarin memiliki arti harapan agar keluarga selalu diberikan kedamaian dan ketenteraman.

Bahan-bahan Yu Sheng yang beragam | Foto: Shinhuey

Bahan yang Dibutuhkan

Beberapa menu Yu Sheng adalah sebagai berikut.

  1. Kulit pangsit;
  2. Tujuh jenis sayur-sayuran (kubis ungu, wortel, paprika merah, paprika kuning, timun jepang, talas, dan daun ketumbar);
  3. Kacang tanah atau boleh menggunakan kacang lain;
  4. Saus madu, saus hoisin, saus plum;
  5. Kimchi lobak;
  6. Beberapa buah sesuai dengan selera (mangga, jeruk bali, dan buah naga).

 

Mempersiapkan Yu Sheng

Setelah semua bahan dipersiapkan, kulit pangsit mentah harus dipotong kecil dan memanjang sebelum dimasak hingga berwarna kuning. Talas juga harus diwarnai dan digoreng terlebih dahulu.

Sayur-sayuran diiris hingga berukuran kecil dan memanjang. Daun ketumbar tidak perlu dipotong, tetapi dipilih saja bagian-bagian daun yang masih terlihat bagus.

Seluruh bahan yang sudah disiapkan, kemudian dibentuk melingkar sebelum akhirnya dituangkan dengan saus atau bumbu lainnya.

Beberapa menu sayuran dan menu lain bisa diganti atau ditambah asalkan mengandung semua unsur, yaitu tanah dan laut. Hal ini bertujuan untuk melambangkan kemakmuran dan kelimpahan berkat.


Penulis: Kerin Chang

Simak Video Pilihan di Bawah Ini: