Kaligrafi Tiongkok

Sekeluarga di Banten yang mengalami kebutaan (Foto: Kompas.com/Acep Nazmudin)

Satu keluarga di Kampung Cipasung, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, Banten mengalami kebutaan mata secara tiba-tiba.

Mengutip dari Kompas.com, dari 10 anggota keluarga, 6 orang di antaranya mengalami tunanetra, yakni ayah dan 5 orang anaknya.

Kondisi ini, awalnya dialami oleh Rusmani (70) yang tiba-tiba tidak bisa melihat pada awal tahun 2000.

Kondisi tersebut kemudian disusul oleh Rohimi (50) pada tahun 2012, Hindun (40) dan Maesaroh (35) yang mengalami kebutaan pada tahun 2014.

Belum lama ini, penyakit tersebut juga menyerang Junaedi (34) pada tahun 2018 dan Kokom (27) pada tahun 2020.

Adapun gejala awal yang mereka rasakan sebelum mengalami kebutaan ini, adalah sakit kepala berkepanjangan yang diikuti dengan mata berair dan pandangan kabur.

Meski telah menjangkiti satu keluarga, tetapi sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab utama kondisi tersebut.

Berbagai alternatif pengobatan pun telah dilakukan, tetapi sampai kini belum ada jawaban pasti dari dokter.

“Dokter hanya bilang bahwa ini sudah tidak bisa diobati,” ujar Kokom dikutip Senin (30/10).

Kondisi ini tentunya membuat keluarga Kokom kesulitan untuk bekerja, sehingga untuk keperluan sehari-hari hanya mengandalkan pemasukan dari sang ibu yang bekerja serabutan.

Sementara itu, untuk memasak dan menyiapkan keperluan rumah dilakukan oleh Romlah anak terakhir Rusmani.

Merespons hal ini, Pemerintah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, melalui Dinas Sosial mengatakan, pihaknya sudah melakukan penanganan dan pendampingan terhadap keluarga Rusmani sejak lama.

“Tadi malam sudah dicek oleh pendamping, mereka adalah keluarga penerima BNPT, PKH, dan juga program Lebak Sejahtera, jadi sudah clear,” kata Kepala Dinas Sosial Lebak Eka Darmana Putra.

Eka mengatakan, dari sisi bantuan sosial, keluarga Rusmani sudah mendapatkan manfaat dari sejumlah program yang sasarannya adalah masyarakat kurang mampu, termasuk sudah terdaftar dalam BPJS Kesehatan PBI dari Pemerintah Pusat.

Saat ini, Dinas Sosial Lebak juga akan mengusulkan bantuan untuk pembangunan rumah Rusmani ke pemerintah Pusat, yakni Kementerian Sosial.

Terkait kondisi kebutaan yang dialami oleh keluarga Rusmani, Eka belum mengetahui pasti penyebabnya.

“Bisa banyak hal penyebabnya, seperti kondisi keturunan kesehatan atau lingkungan. Tapi untuk masalah sosialnya sudah kita tangani,” tutup Eka.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini: