Steve Yenadhira

Penulis : Grace Kolin

Editor   : PR & Branding DAAI TV 

Di tanah air, kaligrafi Tionghoa masih dilestarikan oleh beberapa seniman berdarah Tionghoa, salah satunya Steve Yenadhira yang kerap disapa dengan Ruang Yuan Chun. Pria kelahiran Jakarta tahun 1948 sudah tertarik seni kaligrafi semenjak di bangku sekolah.

Hebatnya, ia mempelajari kesenian ini secara autodidak. “Kaligrafi merupakan intisari budaya dan permata Tionghoa. Karena itu, sejak kecil saya sudah menyukai kaligrafi,” ujar pria yang menjabat sebagai Ketua Asosiasi Kaligrafer Indonesia ini.

Keseriusan Steve mendalami dunia kaligrafi pun diwujudkan dengan membentuk Divine Art Gallery, 2006 silam. Galeri ini memajang hasil karya kaligrafi dan lukisan Tiongkok, baik hasil karya Steve sendiri maupun milik orang lain.

Selain membuat kaligrafi, Steve juga mengadakan pameran kesenian kaligrafi dan lukisan, baik di dalam maupun luar negeri. Contohnya pameran kaligrafi HUT Indonesia ke-73 dan Asian Games 2018 di Jakarta dan pameran The Chinese Four Great Classical Novels di Chicago, Amerika Serikat. 

Menurut Steve, seni kaligrafi Tiongkok juga dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan.  Ini dikarenakan, adanya gerak tubuh yang dilibatkan saat menyapukan kuas di media lukis. Selain itu, kaligrafi Tiongkok juga bisa melatih konsentrasi dan ketenangan jiwa.

“Inilah harapan terbesar saya, karena negara Indonesia memiliki populasi warga Tionghoa terbesar di seluruh dunia. Meski seni kaligrafi kita telah tertinggal selama 30 tahun, tetapi untuk melestarikan seni dan budaya Tionghoa ini, perlu kerja keras dari semua pihak,” katanya.

Hingga saat ini, Steve masih aktif menulis kaligrafi dan membuat chinese painting di sela kegiatan pekerjaannya sehari-hari. Di malam tahun baru Imlek 2023, 21-22 Januari 2023 mendatang, ia akan tampil mengisi tayangan Harmoni Imlek 2023 DAAI TV dengan torehan kaligrafi dan lukisan Tiongkok yang indah, penuh makna. 

Jadwal Tayang Harmoni Imlek 2023

  • 21 Januari 2023 : 19.00 WIB – 20.00 WIB
  • 22 Januari 2023 : 08.00 WIB – 09.00 WIB & 21.00 WIB – 22.00 WIB