Kaligrafi Tiongkok

WNA Korea Selatan selamatkan bocah di Bali. (Foto: KBS News)

Seorang turis Korea Selatan, Choi Jae-young (43) menyelamatkan nyawa seorang anak berusia 8 tahun yang tenggelam di kolam renang sebuah hotel di Bali, pada 20 Januari 2024.

Melansir dari KBS News, Choi melakukan Cardiopulmonary resuscitation (CPR) atau resusitasi jantung paru (RJP) pada anak tersebut.

Choi yang bekerja di Dong-gu, Daegu, Korea Selatan, baru-baru ini mengambil cuti ayah dan tinggal di Bali selama satu bulan bersama keluarganya.

Di luar pekerjaannya, Choi memiliki sertifikasi pertolongan pertama dan keselamatan di air.

 

Kronologi Kejadian

Menurut laporan, Choi yang sedang berlibur melihat seorang anak laki-laki yang jatuh ke dalam kolam renang dan pingsan.

“Saat saya memeriksa arteri karotisnya, tidak ada denyut nadi dan dia tidak bernapas. Jadi saya meminta staf dan orang-orang di sana untuk memanggil ambulans dan segera melakukan CPR,” ujar Choi dikutip dalam keterangannya, Senin (12/2).

Melihat anak itu merosot di dasar kolam, dia secara naluriah mulai menekan dadanya untuk melakukan pertolongan pertama.

“Itu adalah waktu yang panjang dan memilukan, dalam proses meniupkan udara, muntahan akan masuk ke dalam mulut saya yang kemudian saya kunyah dan ludahkan saat melakukan CPR,” ungkap Choi.

Setelah lebih dari delapan menit melakukan CPR, anak tersebut pun mulai bernapas dan dengan aman dilarikan ke rumah sakit saat paramedis tiba.

Orang-orang yang melihat di tempat kejadian tersebut pun menyebutnya sebagai pahlawan. Namun, Choi mengatakan, “Saya pikir dia bangun karena kami semua berdoa dan menginginkannya. Saya menekan dada saya dengan pikiran bahwa dia harus hidup tanpa syarat.”

Berhasil Selamat

Berkat prosedur keselamatan yang dilakukan Choi, anak tersebut dilaporkan telah pulih dengan cepat.

Kemudian, pada hari ketiga setelah kecelakaan itu, Choi kembali menemui anak tersebut.

“Saya memeluknya dengan erat, tetapi dia terus memalingkan kepalanya dan menangis karena dia sangat bersyukur (masih hidup),” jelas Choi.

Setelah kembali ke Korea Selatan, Choi terus membangun hubungan yang baik dengan anak tersebut dan keluarganya.

“Saya melakukan panggilan video dengannya kemarin  dan kami berjanji untuk pergi ke Indonesia tahun depan untuk menemuinya lagi,” tutup Choi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini: