Gambar orang yang mengalami jerawat

Sumber Gambar : Canva Pro

Penulis : Grace Kolin

Apakah anda memiliki jerawat yang tidak kunjung hilang, meski sudah mencoba berbagai obat jerawat? Jika ‘Ya’, ada kemungkinan bahwa apa yang Anda miliki bukanlah jerawat, melainkan fungal acne. Sekilas, fungal acne tampak seperti jerawat, padahal fungal acne bukanlah jerawat biasa. Apa itu fungal acne? Seperti namanya, fungal acne adalah masalah kulit yang disebabkan oleh jamur.

Jamur yang menyebabkan masalah kulit ini bernama jamur Malassezia. Jamur jenis inilah yang menempel di kulit dan menimbulkan benjolan kecil berwarna merah yang menyerupai jerawat. Sebenarnya, Malassezia tidak hanya hidup di kulit wajah, melainkan bisa hidup di kulit bagian tubuh manapun, seperti punggung, dada, bahu, leher, hingga lipatan siku.

Fungal acne memiliki ciri khas seperti ukuran yang kecil sekitar satu millimeter dan besarnya hampir sama dengan fungal acne lainnya. Di balik benjolannya terdapat nanah. Dan biasanya fungal acne tumbuh secara berkelompok dan menyebabkan gatal.

Apa yang menyebabkan munculnya fungal acne? Kemunculan fungal acne didasari oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor ekternal sebagaimana yang dilansir dari journal.sociolla.com:

  • Faktor Interrnal seperti konsumsi obat-obatan, penyakit yang dimiliki, atau kehamilan.
  • Faktor Eksternal seperti produk skin care, kelembapan udara, udara panas, atau keringat.

Salah satu faktor eksternal yang biasanya menjadi penyebab timbulnya jamur ini adalah kondisi yang lembap dan hangat. Seperti kebanyakan jamur yang menyukai kondisi ini, fungal acne juga demikian. Sehingga tidak heran jika permasalahan fungal acne banyak ditemukan di negara beriklim tropis seperti Indonesia Singapura, dan Filipina. Orang-orang yang tinggal di daerah yang beriklim seperti itu juga rentan mengalami fungal acne karena sering berkeringat. Ketika tubuh berkeringat, kulit akan menjadi lembap. Jika tidak langsung mandi atau membersihkan keringat tersebut, maka fungal acne bisa muncul di area kulit yang lembap.

Dilansir dari sehatq.com, cara menghilangkan fungal acne tentu tidak sama dengan jerawat biasa. Ini dikarenakan fungal acne tidak sama dengan jerawat pada umumnya, Cara mengatasi fungal acne adalah salah satunya dengan mandi lebih sering dan menggunakan obat antijamur.

Artikel ini dibuat dari berbagai sumber