Efek samping akibat sering marah.

Sumber Gambar : Canva Pro

Penulis : Grace Kolin

Marah adalah hal alami yang dilakukan manusia untuk meluapkan emosi. Meski merupakan hal yang wajar, rasa marah yang diluapkan secara berlebihan justru dapat mendatangkan dampak negatif bagi tubuh. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah dampak buruk keseringan marah-marah pada kesehatan Anda:

1. Stroke

Sebuah studi mengungkapkan, 2 jam setelah marah secara tidak terkontrol, seseorang berisiko 3 kali lebih tinggi mengalami stroke karena perdarahan atau penggumpalan darah di otak.

2. Serangan jantung

“Dalam 2 jam setelah meluapkan kemarahan, risiko untuk terkena serangan jantung dapat meningkat sebanyak 2 kali lipat,” ujar Chris Aiken, MD, dosen di klinik psikiatri Wake Forest University School of Medicine.

3. Sakit kepala

Biasanya, orang yang sering marah cenderung mengeluh sakit kepala. Alasannya, terlalu emosional bisa meningkatkan tekanan darah di kepala, sehingga memicu pusing atau migrain. Tidak hanya itu, otot-otot yang tegang dan perubahan bahan kimia di otak saat marah juga bisa memicu timbulnya sakit kepala.

4. Tekanan darah tinggi

Saat marah, tubuh menjadi tegang dan tekanan darah akan meningkat. Hal ini bisa mengakibatkan banyak kerusakan pada jantung.

5. Gangguan pencernaan

Saat marah, kadar asam lambung akan meningkat. Dari sini, berbagai gangguan pencernaan pun akan muncul, mulai dari maag, refluks asam, hingga sembelit.

6. Masalah pernapasan

Saat marah, penyempitan jalan pernapasan akan terjadi, sehingga membuat seseorang jadi merasa sulit bernapas. Selain itu, kemarahan juga dapat memicu serangan asma.

7. Muka jadi tampak lebih tua

Emosi negatif seperti marah akan membuat otot wajah menjadi tegang dan seiring waktu menimbulkan garis-garis halus. Orang yang mudah marah juga memiliki kadar hormon kortisol yang tinggi, sehingga produksi kolagennya jadi terhambat. Padahal kolagen dibutuhkan dalam tubuh untuk memperlambat penuaan dini seperti kerutan dan menyembuhkan kulit.

Artikel ini dibuat dari berbagai sumber