baterai kembung

Sumber Gambar : Canva Pro

Penulis : Grace Kolin

Apakah Anda pernah mendapati baterai pada handphone Anda dalam keadaan kembung?

Secara kasat mata, ciri-ciri baterai handphone yang kembung tampak sangat jelas, dimana permukaan baterai yang biasanya datar terlihat lebih melengkung. Selain adanya perubahan fisik, ciri-ciri baterai yang kembung juga dapat ditandai dengan menurunnya performa pada handphone, seperti baterai yang cepat sekali habis, persentase baterai yang error, hingga handphone yang sering padam sendiri ketika dipakai.

Mengutip dari laman recode.id, ada beberapa faktor penyebab mengapa baterai pada handphone bisa kembung, berikut di antaranya:

  • Isi daya terlalu lama
  • Menggunakan perangkat isi daya yang tidak asli
  • Sering menggunakan handphone saat dicas
  • Panas berlebihan (over heat)

Dilansir dari alphr.com, salah satu penyebab baterai kembung yang paling umum adalah overcharge (pengisian daya yang terlalu lama). Hal ini menyebabkan reaksi kimia antara elektroda dan elektrolit yang melepaskan panas dan gas dalam baterai. Akibatnya, permukaan baterai jadi kembung. Apa yang terjadi ketika baterai kembung terus digunakan? Menurut laman tersebut, baterai kembung dapat meledak jika tidak segera ditangani.

Jadi jika Anda menemukan baterai handphone Anda dalam kondisi kembung, sebaiknya jangan dibiarkan. Sekali pun handphone tetap aman untuk digunakan dan masih berfungsi, baterainya tetap harus diganti sesegera mungkin. Jangan membuang baterai sembarangan, karena akan melukai petugas kebersihan yang melakukan kontak dengan baterai, begitu juga dengan lingkungan. Sebaiknya, serahkan baterai yang sudah tidak bisa lagi digunakan ke fasilitas pembuangan baterai yang resmi.

Artikel ini dibuat dari berbagai sumber