gambar sarsaparilla sumber dari canva

Penulis : Akbar Fauzi

Editor : Grace Kolin

Pernah mendengar kata sarsaparilla? Mungkin kata sarsaparilla masih terdengar asing di telinga Anda. Sarsaparilla adalah tanaman tropis dari genus Smilax. Sarsaparilla banyak tumbuh di area hutan Amerika Selatan, Honduras, Meksiko, Jamaika, Kepulauan Karibia, hingga India. Di Indonesia sendiri, tanaman sarsaparilla juga telah lama dibudidayakan, terutama di Pulau Jawa.

Bagian dari tanaman ini banyak digunakan sebagai perasa dalam makanan dan minuman. Tidak hanya itu, akar tanaman ini juga terlebih dahulu sudah dikenal dan dimanfaatkan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.

Tanaman sarsaparilla mengandung berbagai zat kimia, seperti saponin dan fitosterol yang dapat membantu mengurangi nyeri sendi, meredakan gatal dan membantu membunuh bakteri. Tak heran jika tanaman ini dipercaya memiliki beragam manfaat yang baik bagi tubuh. Berikut manfaat sarsaparilla bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Mengatasi Arthirtis

Tanaman sarsaparilla mengandung senyawa yang memiliki efek antiradang dan antinyeri. Inilah mengapa sarsaparilla dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai masalah nyeri pada sendi dan peradangan. Seperti, rematik, asam urat atau osteoarthritis.

2. Mengobati Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi dimana kulit menjadi bersisik, terdapat bercak merah dan terasa nyeri akibat adanya penumpukan sel kulit mati. Satu studi menemukan bahwa kandungan sarsaponin yang berfungsi sebagai steroid utama pada sarsaparilla mampu mengikat dan mengeluarkan endotoksin. Endotoksin adalah senyawa yang menyebabkan lesi kulit pada pasien psoriasis.

3. Memperlambat Penuaan

Manfaat sarsaparilla selanjutnya yaitu dapat memperlambat proses penuaan kulit secara signifikan. Ekstrak akar sarsaparilla diketahui dapat merangsang produksi kolagen pada kulit dan mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

4. Melindungi Hati (liver)

Ekstrak dari sarsaparilla memiliki manfaat untuk menjaga organ hati (liver). Ini dikarenakan tanaman ini mengandung flavonoid yang berfungsi untuk merawat dan memperbaiki fungsi hati.

Itulah beberapa khasiat atau manfaat dari sarsaparilla. Sayangnya, berbagai klaim manfaat sarsaparilla ini baru diketahui melalui penelitian berskala kecil, sehingga masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.