Penulis : Akbar Fauzi

Editor : Grace Kolin

Punya banyak waktu luang dan ingin memiliki bisnis sampingan? Barangkali Anda bisa mencoba untuk menjual kreasi daur ulang barang bekas seperti yang dilakukan oleh Ainun Saniah. Perempuan berusia 64 tahun asal Kota Medan ini merupakan contoh ibu rumah tangga yang berhasil menekuni bisnis kreasi daur ulang barang bekas. Selama 15 tahun, ia telah mendedikasikan dirinya untuk membantu keseimbangan lingkungan dengan menjadikan sampah daur ulang sebagai kreasi unik yang bernilai jual tinggi. 

Sebelum membuat dan menjual kreasi daur ulang barang bekas, Ainun pernah menjadi seorang pengepul Bank Sampah Sicanang Belawan selama 2 tahun. Bersama rekan-rekannya, ia datang ke rumah-rumah warga untuk mengumpulkan sampah, menimbang dan memilah sampat tersebut agar dapat didaur ulang. Hingga kini, ia masih mengumpulkan sampah plastik kemasan untuk diolah menjadi berbagai macam kreasi seperti dompet, tempat tissue, keranjang, hingga karpet, dan banyak lagi kreasi lainnya.

“Sederhana sekali kan, sampai ini barang-barang terbuang. Jadi kita enggak perlu, terlalu banyak membeli gitu, harganya mahal-mahal untuk sebagai bahan baku. Jadi sampah yang bisa kita olah kenapa tidak gitu, jadi kita lakukanlah, kita bersihkan, kita cuci. Kemudian, dijahit ya dijahit, kalau dianyam ya dianyam. Ya, alhamdulillah jadinya luar biasa gitu. Bisa jadi duit,” ungkap Ainun.

Tidak pelit ilmu, Ainun juga aktif menyebarkan pengetahuannya kepada masyarakat. Ia berkeliling untuk memberikan edukasi seputar sampah daur ulang yang dapat dijadikan kreasi barang daur ulang kepada masyarakat, ibu-ibu rumah tangga hingga anak-anak sekolah. Tidak hanya itu, ia juga menjelaskan tentang pentingnya mengolah sampah menjadi barang bermanfaat yang bernilai jual, sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dan kesadaran mereka dalam menjaga lingkungan.

Cerita Ainun menjadi potret bahwa berjualan kreasi barang bekas tidak hanya dapat membantu melestarikan lingkungan tetapi juga dapat menjadi ide bisnis sampingan yang menjanjikan. Tertarik untuk mencoba?