Penulis : Akbar Fauzi

Editor : Grace Kolin

Menongkrong adalah salah satu kegiatan yang cukup banyak digandrungi anak muda hingga orang dewasa. Bukan hanya kegiatan biasa, menongkrong juga sudah menjadi gaya hidup sejak zaman dahulu. Bicara soal tempat menongkrong, ada satu tempat menongkrong di Jalan Cipaku, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan yang sudah berdiri sejak tahun 1971. Namanya, Pasar Santa. 

Pasar Santa merupakan salah satu pasar yang sempat populer di telinga warga Jakarta, khususnya kalangan anak muda. Layaknya pasar, Pasar Santa diisi oleh pedagang sayuran, sembako, toko emas, dan ragam kuliner lainnya. Namun, yang membuat pasar ini berbeda dari pasar pada umumnya adalah deretan kios yang didesain secara estetik oleh anak-anak muda kreatif yang berwirausaha disana. Desain ini membuat suasana pasar menjadi semakin berwarna.

Pada tahun 2014, komunitas-komunitas anak muda kreatif, mulai dari komunitas kopi, piringan hitam, kuliner, kaos hingga jam tangan masuk ke Pasar Santa dan melakukan berbagai inovasi. Mereka menjadikan pasar ini sebagai tempat nongkrong hits bagi anak-anak gaul Jakarta, beberapa pejabat dan bahkan kalangan selebritis kala itu.

Sayangnya, kejayaan pasar modern ini mulai meredup karena harga sewa kios yang meningkat, ditambah dengan pandemi Covid-19 yang menerpa. Namun Anda tidak perlu khawatir, hingga kini, pasar ini masih menyajikan kesan sebagai tempat nongkrong anak muda.

Keberadaan kios atau tempat kopi serta toko piringan hitam menjadi daya tarik yang ditawarkan kepada para pengunjung, khususnya para penikmat musik dari kalangan usia muda hingga tua. Pasar ini pun sering mengadakan sebuah acara yang bertajuk Santa Festival yang rutin diadakan tiga bulan sekali dengan berbagai kegiatan. Mulai dari bazaar kuliner, fesyen, kopi hingga acara live musik dengan menghadirkan musisi-musisi keren.