gambar gharim dari instagram @g_almuftah

Penulis : Akbar Fauzi

Editor : Grace Kolin

Sebagai ajang sepak bola internasional yang diselenggarakan oleh FIFA setiap empat tahun sekali, kehadiran Piala Dunia selalu dinanti-nantikan para pecinta sepakbola. Pada tahun ini, perhelatan Piala Dunia kembali digelar, dengan Qatar sebagai tuan rumahnya.

Di antara para pengisi acara yang mengisi acara di pembukaan Piala Dunia 2022, ada sosok inspiratif yang mencuri perhatian dunia. Ialah Ghanim Al Muftah. Ia melantunkan ayat suci Al-Qur’an, yakni Surat Al-Hujurat ayat 13 yang berisikan tentang perdamaian dunia. Tidak hanya itu, ia juga merupakan Brand Ambassador Piala Dunia 2022 Qatar.

Ghanim Al Muftah terlahir dengan kelainan langka yang dikenal sebagai Caudal Regression Syndrome. Kelainan yang disebabkan perkembangan abnormal pada ujung bawah tulang belakang ini menyebabkan Ghanim tumbuh tanpa tubuh bagian bawah. Kendati demikian, ia  tidak berputus asa dan justru memberikan motivasi bagi orang lain.

Ghanim memiliki segudang hobi layaknya remaja pada umumnya, mulai dari sepak bola, menyelam, renang hingga skateboard. Ia juga merupakan seorang pengusaha kuliner Gharissa Ice Cream sekaligus youtuber asal Qatar yang kerap membagikan konten-konten motivasi. Dilansir dari merdeka.com, Ghanim Al Muftah aktif dalam gerakan sosial dan kemanusiaan.

Gerakan-gerakan kemanusian dan sosial ini di antaranya yaitu Duta Besar Kebaikan dan Kemanusiaan oleh Regulatory Authority for Charitable Activities (RACA) Qatar dan Duta Besar Paralympics Athletics World Champions 2015 dan gelar Duta Perdamaian dari Emir of Kuwait Sheikh Sabah Al-Ahmad Al-Sabah pada 2015 lalu.