Tzu Chi Indonesia menyalurkan bantuan kepada korban gempa Cianjur

Penulis : Grace Kolin

Suasana siang yang tenang di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat seketika berubah menjadi mencekam kala gempa berkekuatan 5.6 skala Richter mengguncang wilayah ini pada Senin, 21 November 2022. Gempa ini bahkan terasa hingga ke wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Wilayah terparah yang terdampak gempa adalah di Kecamatan Cugenang. Menurut data sementara yang dihimpun dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) pukul 17.00 WIB tadi, ada 268 orang meninggal dunia dan lebih dari 1.000 warga mengalami luka-luka.

Di tengah suasana duka yang masih menyelimuti wilayah ini, warga Kabupaten Cianjur masih belum bisa merasa tenang karena adanya gempa susulan yang membayangi wilayah ini. Hingga siang tadi, tercatat ada sebanyak 130 kali gempa susulan menurut data dari BMKG.

Guna meringankan beban warga yang terkena musibah, relawan Tzu Chi di Jakarta, Cianjur, dan Bandung segera berkoordinasi untuk menyiapkan langkah-langkah pemberian bantuan dan perhatian. Adapun bantuan logistik yang disiapkan antara lain: paket kebutuhan pribadi (handuk, odol, sikat gigi, sabun, gayung, ember, selimut, sarung, baju), beras, air mineral, minyak goreng, masker, minyak angin, tikar, kelambu, gerobak pasir, genset.

Pagi hari tadi, relawan dan Tim Medis Tzu Chi Bandung telah berangkat menuju Cianjur untuk memberikan bantuan tanggap darurat kepada para korban gempa. Setibanya di Cianjur, relawan Tzu Chi Bandung langsung berkoordinasi dengan relawan Tzu Chi Cianjur untuk memberikan perhatian dan bantuan kepada para korban gempa dan warga yang berada di pengungsian.

Semoga warga terdampak gempa di kabupaten Cianjur diberikan ketabahan dan kesabaran menghadapi musibah yang terjadi.